Kegiatan Pendampingan di RPTRA Kampung Perigi
Selamat Siang
Kali ini kami akan menceritakan kegiatan yang telah
kami lakukan selama lima pertemuan di RPTRA Kampung Perigi.
Dari awal kami sudah tertarik dengan kegiatan
volunteer di RPTRA, hanya saja karena pengetahuan yang sempit mengenai RPTRA,
kami hanya tahu tentang RPTRA Kalijodo dan berniat untuk melakukan kegiatan
volunteer disana. Namun, karena hampir semua kelompok yang melakukan kegiatan
volunteer juga tertarik untuk melakukan kegiatan disana, maka kami memutuskan
mencari RPTRA lain yang mudah dijangkau dan yang pasti adalah membutuhkan
volunteer.
Seminggu kemudian, pada pertemuan ke-2 CB
Kewarganegaraan, bapak dosen menginformasikan bahwa beliau memiliki beberapa
Contact Person RPTRA yang sekiranya membutuhkan Volunteer. Tidak tinggal diam
kami pun segera meminta Contact Person kepada bapak dosen. Awalnya kami
menanyakan kesediaan dari RPTRA daerah Grogol dan Tanah kusir. Dan pada saat
rapat pertama, kami memutuskan untuk melakukan kegiatan volunteer di Tanah
kusir tepatnya di RPTRA Kampung perigi. Kami segera survei ke RPTRA Kampung
Perigi dan Bertemu pengelola dari RPTRA Kampung Perigi.
Tampak depan RPTRA |
Salah Satu Arena Bermain |
Pada saat survei kami menjelaskan maksud dan tujuan
kita datang kesana, dan karena kami menawarkan untuk menjadi volunteer,
pengelola disana meminta agar kita membantu mereka untuk mewujudkan program
mereka yang belum tercapai, yaitu menjelaskan berbagai macam profesi umum agar
anak-anak di lingkungan RPTRA dapat termotivasi untuk meraih cita-cita. Perlu
diketahui bahwa RPTRA Kampung Perigi berada percis disebelah kompleks TPU Tanah
kusir, dan kebanyakan dari anak-anak disana adalah yatim piatu. Maka dari itu
untuk menumbuhkan semangat anak-anak yang ada disana, para pengelola ingin
sekali memberikan materi mengenai Profesi dan cita-cita.
Akhirnya kami memutuskan untuk mencoba merealisasikan
permintaan pengelola mengenai programnya, dan kami akan menjadikan
"Profesi" sebagai bahan utama kegiatan kami di RPTRA.
Suasana Rapat |
Suasana Rapat |
Suasana Rapat |
Setelah berunding dengan kelompok, kami pun mengambil
kesimpulan untuk mengambil empat Profesi sebagai bahan untuk pembelajaran di
RPTRA. Karena Target kita adalah anak-anak usia 5-10 tahun, maka pembelajaran
akan lebih efektif jika disediakan Alat peraga, simulasi, dan games.
Profesi yang kami tampilkan itu meliputi:
1.
Profesi Dokter, dengan Alat peraga berupa Stetoskop,
Tensimeter, dan Termometer yang berjumlah masing-masing dua barang. Kami juga
menyertakan teman kami yang sempat kuliah di kedokteran untuk memberikan kami
edukasi dan mengawasi kami saat Melakukan pendampingan di RPTRA.
2.
Profesi Polisi, dengan Alat peraga berupa Rambu-rambu
lalu lintas dengan ukuran A4 dan simulasi berkendara untuk mengenal rambu-rambu
lebih dekat.
3.
Profesi Atlet/Olahragawan, dengan Alat peraga berupa
Puzzle atlet-atlet berbagai macam cabang olahraga dan games.
4.
Profesi Bermain Peran/Aktris dan Aktor, dengan
simulasi membuat skenario dan drama.
Ini merupakan suasana Briefing dari kelompok kami, sebelum melakukan pembelajaran kami selalu melakukan briefing terlebih dahulu untuk membagi-bagi tugas satu sama lain.
Dan ini adalah suasana di RPTRA saat kami baru pertama kali datang kesana untuk melakukan pendampingan.
Kelompok kami saat memperkenalkan diri |
Wajah-wajah bahagia |
Anak-anak yang datang lebih awal |
PERTEMUAN 1 : JUMAT, 24 MARET 2017
TEMA : PROFESI DOKTER
Dalam tema ini kami berfokus untuk memperkenalkan beberapa alat-alat kedokteran yang paling sering dilihat jika sedang ke rumah sakit. Kami memperkenalkan stesoskop, tensimeter, dan termometer kepada anak dan menunjukan cara kerjanya. Disini anak-anak juga melakukan observasi terhadap alat-alat dan didampingi oleh kami.
Anak-anak melakukan observasi dan simulasi |
Rekan kami saat sedang memberikan materi beserta penjelasan |
Observasi dan simulasi penggunaan alat |
Observasi dan simulasi penggunaan alat |
Observasi dan simulasi penggunaan alat |
Observasi dan simulasi penggunaan alat |
Anak-anak sangat antusias saat kami memberikan materi ini, mereka akhirnya bisa menyentuh dan menggunakan, serta merasakan secara langsung bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut, dan itu sangat berkesan bagi mereka.
Saat materi mengenai pentingnya menjaga kesehatan, kami pun membagikan masker untuk anak-anak yang hadir.
Pembagian Masker |
Anak-anak memakai masker |
Pemberian materi oleh rekan |
Keceriaan anak-anak RPTRA |
PERTEMUAN 2 : SELASA, 28 MARET 2017
TEMA : PROFESI POLISI
Dalam tema ini kami mengangkat Profesi Polisi yang kami kerucutkan menjadi Polisi lalu lintas, karena menurut kami sangatlah jika kita membedah simbol-simbol rambu lalu lintas dan menerapkannya menjadi permainan. Pada tema ini lebih banyak kita melakukan simulasi yang dibalut dengan Games, dimana ada yang memegang rambu lalu lintas dan ada yang menjadi kendaraannya. Sebelum kami melakukan simulasi kami memberikan materi terlebih dahulu mengenai rambu lalu lintas dan maksud dari rambu tersebut.
Ini adalah moment ketika simulasi, terlihat rekan kami sebagai pengemudi dan anak-anak sebagai penumpang, dan ada juga rekan kami yang sedang menjadi rambu.
Pemberian materi |
Pemberian materi |
Anak yang memegang rambu stop |
Anak yang memegang rambu dilarang stop |
Terlihat dalam video diatas, rekan kita sedang memberikan materi berupa pengenalan rambu-rambu lalu lintas, setelah materi ini simulasi pun dilakukan.
PERTEMUAN 3 : JUMAT, 31 MARET 2017
TEMA : OLAHRAGAWAN
Pada tema ini kita melakukan senam games yang berkaitan dengan olahraga, kita menyusun puzzle yang bergambar olahragawan dan diawal pertemuan kami lakukan senam sebagai pembuka.
Anak-anak sedang bermain puzzle dengan di mentori oleh rekan rekan kami.
Anak-anak sedang melakukan senam anak untuk menambah antusias anak-anak.
Hasil Karya anak-anak |
Hasil karya anak-anak |
Hasil Karya anak-anak |
PERTEMUAN 4 : SELASA, 4 APRIL 2017
TEMA : BERMAIN PERAN
Pada materi ini kami memberikan materi tentang bagaimana cara orang berperan, dengan membuat skenario bersama-sama dan melakukan adegan sesuai skenario serta ditutup dengan drama berkelompok.
Membuat skenario spontan dengan cara berlingkar dan tiap anak menyebutkan satu kata |
Sesi materi skenario |
Saat bermain peran dengan skenario yang sudah disusun |
Anak-anak yang sedang melakukan drama
PERTEMUAN 5 : JUMAT, 7 APRIL 2017
TEMA: PERPISAHAN
Pada pertemuan ini kami hanya melakukan perpisahan dan full bermain dengan anak-anak disana, serta diakhir pertemuan kami memberikan hadiah berupa sepaket alat tulis dan alat gambar untuk mereka. Dan kami sempatkan untuk berfoto bersama dengan Pengurus dan anak-anak disana.
Bersama pengurus dan anak-anak |
BEHIND THE SCENE
Ini adalah momen-momen random selama kita mengajar disana.
Komentar
Posting Komentar